Seminar Nasional"Inovasi Pembelajaran Bahasa Asing Berbasis ICT di Madrasah dan PTKIN" :: Pengumuman Hasil TSA (yang tidak Lulus) Semt. Genap 2016/2017 :: Jadwal dan Daftar Peserta Ujian TSA Mengulang Semt. Genap Th. Akd. 2016/2017 :: Ralat Jadwal Ujian TOEFL Semt. Genap Th. Akd. 2016/2017 :: FGD "Penyusunan Soal Tes Standar Bahasa Arab (TOAFL) dan Bahasa Inggris (TOEFL) ::

Cara mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris

Diposting oleh : UPB - STAIN KUDUS
Jumat, 09 November 2012 - 09:52:08 WIB


Cara mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris - Teman - Teman Bingung Bagaimana Sih Mengingat Tenses Yang Ada Dalam Bahasa Inggris, Pasti Pikiran Teman - Teman Bingung Dan Menganggap Tenses Sebagai Hal Yang Ribet Dan Ngeselin. Nah Mr Nih Mau Kasih Tau Caranya Biar Teman - Teman Bisa Mengerti Apa Itu Tensis. Nah Pertama Kali Mr Akan Kasih Tau Yang Biasanya Kita Pakai Dalam Mengingat Tenses Seperti gambar di atas.

Apakah Teman - Teman Pernah Menghafal Tenses Dengan Cara Diatas Sampai Benar - Benar Hafal ?, Tetapi Karena Kesibukan Teman - Teman Yang Lain, Pada Saat 3 Bulan Kemudian Rumus Diatas Pasti Lupa - Lupa Ingat..
Nah Mr Akan Kasih Tau Bagai Mana Cara Mengingat Lebih Mudah Tenses - Tenses Yang Ada, Pertama - tama dari semua bentuk tenses diatas sebenarnya bisa kita sederhanakan menjadi tiga bagian saja.

1
2
3
Subjek
Auxiliary Verb
Main Verb

Tabel Diatas Adalah Mewakili Semua Bentuk Positive / Affirmative Dari Semua Tenses. Untuk Sementara Kita Lupakan Dulu Bentuk Negative Dan Interrogative.
Yang kedua Jika Teman - Teman  Memperhatikan Dengan Jeli, Bahwa Jumlah Auxiliary Verb Pada Tenses Hanya Berjumlah Lima Buah Saja, Yaitu (To Do, To Be, To Have, Shall, Will). Sedangkan Hubungannya Dengan Subjek Beserta Waktu Bisa Kita Gambarkan Sebagai Berikut :

Subjek
to do
to be
to have
shall/will
VI
VII
VI
VII
VIII
VI
VII
VI
I
do
did
am
were
been
have
had
shall
we
do
did
are
were
been
have
had
shall
you
do
did
are
were
been
have
had
will
they
do
did
are
were
been
have
had
will
he
does
did
is
was
been
has
had
will
she
does
did
is
was
been
has
had
will
it
does
did
is
was
been
has
had
will

Kolom pada masing-masing Auxiliary Verb (To Do, To Be, To Have, Shall, Will) Yaitu VI, VII, VIII Adalah Mewakili Waktu, VI Untuk Infinitive (Tak Terbatas), VII Untuk Preterite (Past Tense), Dan VIII Untuk Past Participle (Perfect Tense).
Jangan Terpaku Hanya Dengan Kata Ganti (Pronoun) Diatas, Noun Yang Bisa Mewakili Bentuk Dari Kata Ganti (Pronoun) Diatas Juga Berlaku Hukum Yang Sama Pada Penggunaan Aux.Verb, Contoh :
"Yanti is learning english grammar". (Yanti = she, Aux.Verb pakai "is")
"Tono and Yanti are students. (Tono and Yanti = they. Aux Verb pakai "are")
Jika Teman - Teman sudah bisa menghafal hubungan antara subjek dengan Aux.Verb diatas kita lanjutkan dengan pelajaran berikutnya.

Yang Ketiga Bahwa Kalau Kita Perhatikan Main verb pada tenses hanya terdiri dari 4 jenis saja beserta pemakaianya pada bentuk tenses tanpa melihat apakah Past, Present, maupun Future, yaitu :

Infinitive without to (VI)
Preterite
(VII)
Past Participle (VIII)
Present Participle (VI+ing)
Simple Tense (only)
Simple Past Tense (only)
Perfect Tense
Continuous Tense
Perfect Continuous Tense

Kalau kita memperhatikan dengan jeli bentuk verb :

  1. Verb kolom pertama VI (infinitive) hanya digunakan pada simple tense saja (Past, Present, Future) kecuali simple past tense bentuk positive / affirmative.
  2. Verb Kolom kedua VII (preterite / Past Tense) hanya digunakan pada simple past tense bentuk positive / affirmative saja.
  3. Sedangkan Verb kolom tiga VIII (past participle) digunakan pada nama tenses yang ada perfectnya tanpa continuous loh!, yaitu :1. Past Perceft Tense 2. Present Perfect Tense 3. Future Perfect Tense.
  4. Sedangkan bentuk kolom pertama ditambah akhiran ing atau yang biasa disebut dengan present participle dipakai pada nama tenses yang ada continuousnya, sekalipun ada perfect kalau ada continuous ya kalah perfectnya, Yaitu :
  •     Past Continuous Tense
  •     Past Perfect Continuous Tense
  •     Present Continuous Tense
  •     Present Perfect Continuous Tense
  •     Future Continuous Tense
  •     Future Perfect Continuous Tense

Yang keempat dengan memperhatikan hubungan antara nama aspect (simple, Continuous, Perfect, Perfect Continuous) dengan Aux.Verb yang digunakan tanpa melihat waktu (Past, Present, Future). Jika kita perhatikan dengan seksama hubungan keduanya bisa kita ringkas hanya dengan mengingat nama aspect (simple, Continuous, Perfect, Perfect Continuous) kemudian kita tentukan Aux.Verb yang digunakan yaitu :



Structure


Auxiliary
Main Verb
Simple
Normal


Intensive
do
Infinitive (without to) (VI)
Continuous
be
Present Participle (VI+ing)
Perfect
have
Past Participle (VIII)
Perfect Continuous
Have been
Present Participle (VI+ing)

Jadi untuk menghafalnya cukup dengan mencocokan antara nama aspect dengan Aux.Verb., Aux.Verb pada tabel diatas mengalami konjugasi sesuai dengan subjek dan waktu, bisa anda lihat kembali tabel 3 diatas.

Sedangkan untuk bentuk kalimat negative dan interrogative kita hanya perlu :

  1. Untuk bentuk kalimat Negative, hanya dengan menambahkan Not pada Aux.Verb. Jika Aux.Verb terdiri lebih dari satu maka penambahan not terletak pada Aux.Verb yang pertama.
  2. Untuk bentuk kalimat Interogative, hanya dengan memindahkan Aux.Verb didepan Subjek. Jika Aux.Verb terdiri lebih dari satu maka Aux. Verb pertama saja yang diletakan didepan Subjek.


Jika Teman - Teman  tidak bisa mengikuti penjelasan ini dimohon untuk menyalin kelima tabel diatas pada selembar kertas dalam satu bidang penglihatan tanpa dibolak balik maupun dilipat - lipat pokoke mah dalam satu bidang penglihatan lah!. Jika sudah, baca kembali penjelasan diatas.  

 




Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Agenda

Ujian TOEFL bagi Dosen STAIN Kudus
Tgl: 15-6-2017 s/d 15-6-2017
Jam: 08.00 WIB - Selesai
Pelaksanaan ujian TSA dan TOEFL bagi Mahasiswa Semester Genap TA 2016/2017
Tgl: 12-6-2017 s/d 15-6-2017
Jam: 08.00 WIB - Selesai
UJIAN TSA DAN TOEFL BAGI MAHASISWA
Tgl: 1-12-2016 s/d 3-12-2016
Jam: 07.30 - selesai

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube